Hari/Tanggal : Kamis, 6 Januari 2022
Good morning, Tabik Pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3C, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran: 4 dan 5
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat memberi contoh sikap bersatu dalam keberagaman dengan benar.
- Dengan kegiatan mendata makanan khas daerah masing-masing, siswa dapat membuat daftar dari sikap bersatu dalam keberagaman dengan baik.
- Dengan mengidentifikasi pecahan, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
Ayo Berdiskusisi
Siti, Dayu, dan Lani melanjutkan diskusi. Mereka berdiskusi tentang asal daerahnya. Daerah yang menjadi asal-usul orang tua mereka. Dayu berasal dari Bali. Siti berasal dari Padang.
Setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda. Tahukah kamu makanan dan minuman khas daerahmu? Apa nama makanan dan minuman yang enak dinikmati pada saat cuaca hujan?
Biasanya, saat hujan, kita menyantap makanan atau minuman yang menghangatkan tubuh.
Nah menurut anak-anak biasanya orang padang saat musim hujan makanan yang biasanya di santap adalah ?
Yuk, jawab di kolom komentar lagi sebagai absensi kehadiran pada hari ini ya..
Makanan dan minuman khas Indonesia sangat beragam. Dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan cuaca. Termasuk yang disantap saat cuaca hujan. Kita harus mensyukuri karunia Tuhan untuk hal ini. Kita memiliki beragam suku bangsa. Kita juga memiliki beragam budaya. Kita pun memiliki beragam jenis makanan dan minuman.
Ayo Berkreasi
Festival ragam makanan akan dilaksanakan besok. Udin, Beni, Siti, dan teman-teman mulai sibuk.
Mereka mempersiapkan segala sesuatunya. Mereka akan membawa makanan sesuai daerah asalnya. Hari ini mereka akan menghias kelas. Ruang festival akan menjadi lebih meriah. Udin membagi kelompok kerja teman-teman. Kelompok Beni bertugas menyusun meja dan kursi.
Mereka membaginya berdasarkan nama pulau besar di Indonesia. Kelompok Siti bertugas membuat daftar makanan. Apa saja makanan yang akan dipamerkan saat festival? Daftar makanan ditulis di karton besar. Kelompok Lani bertugas menjadi penerima tamu. Mereka juga akan mengatur acara festival. Acara akan menjadi lebih tertib dan teratur. Kelompok Edo bertugas menyiapkan musik dan lagu. Musik dan lagu untuk mengiringi acara festival. Acara festival akan menjadi lebih meriah. Kelompok Dayu akan menyiapkan hiburan. Hiburan pembuka berupa tarian daerah. Tarian daerah untuk menyambut para tamu yang hadir.
Ayo Berlatih
Festival makanan telah tiba. Udin membawa kue cucur khas Betawi.
kue cucur
Siti dari Padang membawa contoh Lamang. Lamang adalah makanan khas dari Padang. Satu batang Lamang dipotong menjadi 20. Siti membaginya untuk teman-teman.
Kue Lamang
Satu batang lamang Siti bagi untuk 5 orang. Masing-masing mendapat 5/20 atau sama dengan 1/4
(seperempat batang).
Satu batang lagi Siti bagi untuk 10 orang. Masingmasing mendapat 2/20 atau sama dengan 1/10
(sepersepuluh batang).
Manakah nilai yang lebih besar antara 5/20 atau 2/20 ?
Nilai yang paling besar adalah 5/20 (seperempat batang).
Siapakah yang lebih banyak mencicipi lamang dari Padang? Apakah yang mendapat 5/20 atau 2/20 bagian?
yang lebih banyak mencicipi lamang dari padang adalah yang mendapat bagian 5/20 (seperempat batang).
Contoh lain, Perhatikan gambar berikut.
memiliki bagian masing-masing dari pecahan yang di arsir atau berwarna.
Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas berikut ini:
Soal Latihan!
1. Tuliskan nama daerah asalmu serta tuliskan juga makanan khas daerahmu!
2. Apa makanan khas daerah lampung?
3. Tentukan nilai pecahan berikut ini:
4. 5/20 dan 2/20 manakah nilai yang lebih besar dari dua pecahan tersebut?
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.
Assalamu'alaikum bu guru terimakasih atas materi untuk hari ini
BalasHapusNama : Kei Areta Lova
Kelas : 3C
Nomor Absen : 14
Hadir bu
Assalamu'alaikum bu guru
BalasHapusRisky al-fatih akbar
Kelas 3c
No, absen 23
SD al-azhar 2
Ket. Hadir
Terimakasih🙏🙏🙏
Assalamualaikum wrb
BalasHapusAzka Maura Safina
Kls3C
No Absen 05
SD Al Azhar 2
Hadir Bu Guru trimakasih 🙏
Assalamualaikum bu
BalasHapusAnindya Maheswari
Kelas 3C
Hadir
Terimakasih bu
Sabila Ramadhani
BalasHapusKelas 3c
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum Bu guru
BalasHapusTerima kasih atas materinya
Khalif Noviano Hidayat
Kelas 3 C
No Absen 16
Hadir
Assalamualaikum bu guru
BalasHapusRafardhan Athallah Akbar
Kelas 3C
Hadir
biasanya orang padang saat musim hujan makanan yang biasanya di santap adalah ?
soto padang , lamang
Terimakasih Bu
Assalamualaikum
BalasHapusAlecia callysta vasha
No absen 1
Kls 3.c
Hadir
Assalamualaikum bu guru
BalasHapusKeira Nafeeza Defana
Kelas 3C
No absen 15
hadir